- Back to Home »
- Baby Sitter Dan Care Giver
Posted by : prakarya
Sabtu, 26 Desember 2015
UNIVERSITAS
PENDIDIKAN INDONESIA
FAKULTAS PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN
JURUSAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA
SILABUS
a.
Identitas Mata Kuliah
- Mata kuliah : Pendidikan Baby Sitter Dan Care Giver
- Kode . Mata Kuliah : KB. 484
- SKS : 3 (dua)
- Program Studi : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
- Dosen Penanggung Jawab : Dra. Tati Abas, MS.i
b. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini termasuk kedalam kelompok Mata Kuliah
Paket Manajemen Bimbingan Perawatan Anak dan Lansia. Sifat perkuliahan teori
yang didalamnya membahas tentang konsep dasar pendidikan baby sitter meliputi :
pengertian, tujuan pekerjaan baby sitter sebagai profesi, kode etik seorang
baby sitter, tugas, fungsi dan peranan seorang baby sitter. Pengasuhan dengan
metode Mediasi Learning Experiences (MLE). Immunisasi, Latihan
memandikan bayi. Latihan merawat tali pusat bayi. Latihan membuat makanan dan
minuman bayi, pemijatan (massage) pada bayi. Perawatan Lansia. Kajian buku
untuk pendalaman materi.
c. Isi Mata Kuliah.
I
Pembahasan Silabus perkuliahan, tujuan, ruang lingkup dan prosedur
perkuliahan, penjelasan tugas yang harus dilakukan mahasiswa, ujian yang harus
diikuti, jenis soal ujian UTS/UAS dan cara menyelesaikan/menjawab pertanyaan,
Sumber belajar yang digunakan.
II Pembahasan tentang konsep pendidikan baby
sitter : pengertian, tujuan, pekerjaan baby sitter sebagai suatu profesi, kode
etik seorang baby sitter. Ciri-ciri perkembangan bayi dan anak, kebutuhan
fisik, emosi, sosial, intelektual dan rohani (suasana keagamaan).
III Tugas, fungsi dan peranan
seorang baby sitter dalam pengasuhan/penjagaan anak ( sebagai
perawat/pelinndung, sebagai pengarah, sumber informasi, sebagai tenaga dorong
dan penghibur, sebagai sumber peniruan. Pengetahuan dan keterampilan yang harus
dimiliki seorang baby sitter.
IV Pengetahuan kebersihan dan
kesehatan diri dan lingkungan bayi/anak, kebersihan dan kesehatan mulut, gigi,
rambut, mata dan hidung bayi/annak. Pemberian immunisasi. Penyakit umum yang
biasa diderita bayi/anak dan upaya pencegahannya. Perawatan bayi dan anak
sehari-hari, anak sakit dan perawatan tali pusat. P3K.
V Pengasuhan dengan metode Mediasi
Learning Experiences (MLE) melalui kegiatan sehari – hari (seasana
memandikan bayi, suasana makan, suasanan
jalan-jalan, suasana bermain, dll).
VI Keeping Children Happy:
a baby sitter’s kit. Love and acceptance. Ability to handle children at
different ages. Keeping children safe: Keamanan didalam (indoor) dan
Outdoor.
VII Baby-sitting as a
business proposition : first day on a job, physical appearance, business
arrangements, how to get acquainted with the children.
VIII UTS
IX Perawatan Lansia,
kebutuhan fisik dan psikhis, Suporting dari lingkungan.
X Memandikan bayi : Persiapan
meliputi persiapan perlengkapan memandikan, obat-obatan, persiapan pakaian
bayi. Demonstrasi memandikan bayi ( tahapan
proses memandikan bayi, memakaikan pakaian bayi ).
XI Latihan memandikan bayi
dilakukan oleh mahasiswa .
XII Demonstrasi pemijatan
(massage) bayi.
XIII Latihan pemijatan bayi
dilakukan mahasiswa .
XIV Demonstrasi membuat makanan
bayi ( makanan lumat, makanan lembek, dan makanan padat), pembuatan minuman
bayi ( susu buatan, dan sari buah ).
XV Latihan membuat minuman bayi
(makanan lumat, makanan lembek, dan makanan padat , susu buatan, dan sari buah
).
XVI UAS
d. Evaluasi Hasil Belajar & Referensi
- Jenis penilaian : ferporment test
- Bentuk penilaian : proses dan produk
- Ujian Tengah dan Akhir Semester : (UTS / UAS).
- Tagihan : tugas
e. Referensi
John. W.
Santrock. 2002. Life-Span Development. Perkembangan Masa Hidup. Jakarta :
Erlangga.
Jennifer Brinch. M.P.H. 1986. Menyusui
Bayi dengan Baik dan Berhasil. Jakarta : Gaya Favorit Press.
Nagiga, Ni Wayan Arty. 2002. Penyakit Anak Sehari-hari. Jakarta: PT.
Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.
Prihandini. 2008. Cara Pintar Merawat Bayi & Balita. Yogyakarta:
Genius Publiser.
